ANALISIS PEMASARAN BERBASIS HUBUNGAN PT. XYZ DENGAN HOREKA DI BOGOR

Authors

  • Rangga Jayanti Rantetoding Departemen Manajemen dan Bisnis, Fakultas Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia
  • Lilik Noor Yuliati Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia
  • Budi Suharjo Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2414

Abstract

The  influence  of  the  growth  of tourism  industry  which  affected the  increasing  demand  for  beef  also  occurs  in Bogor City and Regency. This research was conducted at PT XYZ with their business partners Horeka in Bogor. The  relationship  between  PT  XYZ  and  100  business  partners  in  Bogor  is  a  marketing  relationship  between suppliers  and  suppliers,  in  which  PT  XYZ  acts  as  a  supplier  and  company  as  a  product  distributor  to  end consumers. The purpose of this study was to analyze relationship-based marketing between PT XYZ and Horeka business  partners  in  the  city  of  Bogor.  Data  was  obtained  by  the  census  method  on  100 Horeka  business partners who had made purchases at least twice in the past month at PT XYZ until August 2018. The research methodin this study  was descriptive  analysis using the  Top two boxes method and Structural Equation Model (SEM) with Lisrel tools. Based on the results of descriptive analysis, it can be seen that 98 percent of people try to  promote  mutually  beneficial  cooperation.  The  results  of  the  SEM  model  analysis  show  that  the  pattern  of linkages that occur in relationship-based marketing of PT XYZ with business partners is not only based on mere financial  benefits.  The  relationship  that  was  built  between  PT  XYZ  and  Horeka  business  partners  was  based more on trust based on flexible business practices.

Keywords—Commitment, Cooperation, Relationship Marketing, Trust

Abstrak

Pengaruh  pertumbuhan  industri  pariwisata  yang  juga  menjadi  pengaruh  meningkatnya  kebutuhan  daging  sapi terjadi juga di Kota dan Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada PT XYZ dengan mitra usaha horeka di Bogor.  Hubungan  antara  PT  XYZ  dengan  100  mitra  usaha  horeka  di  Bogor  merupakan  hubungan  pemasaran antara  pemasok  dan  penyalur.Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  menganalisis  pemasaran  berbasis  hubungan antara PT XYZ dengan mitra usaha horeka di kota Bogor.Data di peroleh dengan metode sensus pada 100 mitra usaha  horeka  yang  sudah  melakukan  pembelian  minimal  dua  kali  dalam  satu  bulan  terakhir  pada  PT  XYZ sampai  dengan  bulan  Agustus  2018.  Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis deskriptif  dengan  menggunakan  metode Top  two  boxesserta Structural  Equation  Model(SEM)  dengan  tools Lisrel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa 98 persen horeka berupaya mengedepankan kerjasama  saling  menguntungkan.  Hasil  analisis  model  SEM  menunjukan  bahwa  pola  keterkaitan  yang  terjadi dalam  pemasaran  berbasis  hubungan  PT  XYZ  dengan  mitra  usaha  horeka  tidak  hanya  didasarkan  pada keuntungan  finansial  semata.  Karena  hubungan  yang  terbangun  antara  PT XYZ  dan  mitra  usaha  horeka  lebih didasari karena kepercayaan yang berpedoman pada praktek bisnis yang fleksibel.

Kata kunci— Kepercayaan, Kerjasama, Komitmen, Pemasaran Berbasis Hubungan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-31

Most read articles by the same author(s)