PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.315Abstract
Berwisata sudah menjadi bagian dari kebutuhan sebagian masyarakat di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia berwisata, maka industri parawisata pun mengalami perubahan pesat. Berbagai peluang usaha di bidang jasa pariwisata pun mulai merambah, seperti pemesanan tiket, akomodasi, hingga alternatif pilihan perjalanan seperti buku, blog, sosial media, layanan jasa informasi, hingga pengalaman yang didapat dari orang lain. Hal ini dilakukan agar penggemar kegiatan wisata mempunyai banyak pilihan berwisata sekaligus mengukur jumlah bujet yang harus dikeluarkan nantinya. Fenomena kesenangan masyarakat Indonesia yang senang membagi pengalaman, perasaan, dan lain sebagainya menjadikan media sosial seperti facebook, path, instagram dan lain-lain sangat populer di Indonesia. Kegiatan ini dinamakan e WOM. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah e-WOM pada media sosial dapat mempengaruhi keputusan berkunjung calon wisatawan khususnya ke Kota Bandung. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 220 responden, yang kemudian diolah dengan menggunakan Analisis Jalur. Variabel yang diuji adalah Intensity (X1), Valence of Opinion (X2), Content (X3) dan Keputusan berkunjung (Y). Hasil dari penelitian ini adalah Intensity, Valence of Opinion, dan Content mampu mempengaruhi calon wisatawan untuk menentukan tempat tujuan wisata yang akan dia kunjungi di Kota Bandung baik secara parsial maupun simultan.Kata kunci: e-WOM, Keputusan berkunjung, Analisis Jalur, Wisata
Downloads
Download data is not yet available.