STRATEGI PENGEMBANGAN UKM DIGITAL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS

Authors

  • Rachmat Slamet
  • Bilpen Nainggolan
  • Roessobiyatno Roessobiyatno
  • Heru Ramdani
  • Agung Hendriyanto
  • Luk lu’ul Ilma

DOI:

https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah secara digital sebagai strategi dalam menghadapi era Pasar Bebas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan desk research and indepth interview terhadap 70 UKM Kampung UKM Digital Skoci (Bandung) dan Trusmi (Cirebon). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis data SWOT untuk merumuskan strategi dan program jangka pendek, menengah, dan panjang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa diperlukannya strategi pengembangan secara digital terhadap UKM dalam penyediaan infrastruktur ICT, proses produksi, dan perluasan pasar baik dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang agar para UKM memiliki daya saing dan meningkatkan kinerjanya.

Kata kunci : strategi, UKM, digital, daya saing, kinerja, dan ICT

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rachmat Slamet

Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service

Bilpen Nainggolan

Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service

Roessobiyatno Roessobiyatno

Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service

Heru Ramdani

Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service

Agung Hendriyanto

Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service

Luk lu’ul Ilma

Researcher, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Divisi Digital Service

Downloads

Published

2017-02-07

Issue

Section

Articles