Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Capital Turnover Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)

person Helmi Ilyasa Wahyudin
person Siska Priyandani Yudowati (Universitas Telkom)

Kecurangan laporan keuangan merupakan tindakan yang dapat merugikan pada reputasi perusahaan dan dapat membuat tidak percayanya para investor. Selain berdampak buruk pada reputasi perusahaan, sanksi, dan ketidakpercayaan investor, pelaporan keuangan yang curang merupakan tindak pidana.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor profitabilitas, likuiditas, dan capital turnover dapat mempengaruhi perusahaan dalam melakukan tindakan kecurangan laporan keuangan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Didapatkan hasil pengujian yang menggunakan SPSS 26.0 jika variabel independen profitabilitas, likuiditas, dan capital turnover memiliki pengaruh secara simultan terhadap tindakan kecurangan laporan keuangan. Hasil pengujian secara simultan menunjukan jika likuiditas berpengaruh secara negatif terhadap kecurangan laporan keuangan, dan capital turnover berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi manajemen perusahaan ataupun para investor dalam pengambilan keputusan dan diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai tindakan kecurangan laporan keuangan.

format_quote
Citation
file_copyCopy
WAHYUDIN, Helmi Ilyasa; YUDOWATI, Siska Priyandani. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Capital Turnover Terhadap Kecurangan Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021). Journal of Indonesia Business Research (JIBR), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-7, sep. 2023. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jibr/article/view/6399>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6399.