Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis SWOT dan Matriks QSPM

Authors

  • I Wayan Agus Candra Widiartha
  • Rina Djunita Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6451

Keywords:

EFE matrix, IFE matrix, pemasaran, QSPM, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta memberikan strategi alternatif yang berguna untuk pengembangan UD. Dinamo Gianyar dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bali umumnya dan di Gianyar khususnya kedepannya. Penulis melakukan penelitian menggunakan Mix Method yaitu, memanfaatkan metode kualitatif bersamaan dengan metode kuantitatif. Penulis melakukan wawancara dan membagikan kuisioner IFE dan EFE kepada 8 orang responden yang terdiri dari 3 orang pihak internal, 2 orang konsumen, 1 orang supplier, 1 orang pesaing, dan 1 orang reseller. alternatif strategi yang didapatkan yaitu Penambahan varian produk pada roadbike dan sepeda untuk meningkatkan penjualan sepeda, Tingkatkan hubungan yang baik dengan supplier agar produk yang dipesan bisa datang tepat waktu dan dapat memenuhi kebutuhan pasar, Tingkatkan promosi dari penjualan langsung atau penjualan online melawan kompetitor, Intensifkan pemeberian paket sepeda lengkap untuk kebutuhan yang berbeda, Pemberian layanan untuk menciptakan loyalitas konsumen, Tingkatkan promosi dengan menambahkan saluran media seperti pemasaran lewat Tiktok, Gunakan sistem informasi seperti Microsoft Excel agar pembukuan bisa jelas dan terperinci, Tawarkan produk atau paket serupa sesuai persepsi calon konsumen melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-29