Analisis Kualitas Layanan Mobile Banking New Livin’ By Mandiri Menggunakan Sentiment Analysis
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6486Keywords:
mobile banking, kualitas layanan, sentiment analysis, e-servqual, ratingAbstract
Peningkatan pengguna internet di Indonesia berdampak pada perubahan perilaku transaksi masyarakat menjadi lebih digital. Hal tersebut dapat dilihat dari penurunan jaringan kantor cabang bank namun transaksi digital banking meningkat. Layanan digital banking yang mengalami kenaikan pesat adalah mobile banking. Salah satu bank yang memiliki layanan m-banking adalah Bank Mandiri. Namun, semenjak Bank Mandiri meluncurkan aplikasi m-banking terbarunya yaitu New Livin’ by Mandiri, aplikasi tersebut seringkali dikeluhkan oleh penggunanya. Oleh karena itu, penting bagi Bank Mandiri untuk meningkatkan kualitas layanannya agar tercapai kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kualitas layanan m-banking New Livin’ by Mandiri berdasarkan sentiment analysis dan dimensi e-servqual, mengetahui dimensi e-servqual m-banking New Livin’ by Mandiri yang memerlukan peningkatan berdasarkan sentiment analysis dan word cloud, mengetahui rating kualitas layanan mbanking New Livin, serta mengetahui perbedaan antara hasil kualitas layanan m-banking New Livin’ by Mandiri berdasarkan sentiment analysis dengan rating-nya. Data pada penelitian ini diambil dari Google Play Store. Hasil penelitian menunjukkan sentimen yang mendominasi adalah negatif dengan reliability sebagai jumlah dimensi terbesar. Adapun hasil rating menunjukkan bahwa semakin tinggi rating maka semakin positif begitupun sebaliknya. Namun, jika dilihat dari masing-masing rating, terdapat perbedaan antara rating 3 dan 4 dengan sentimennya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.