Kajian Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT dan Matriks TOWS pada CV. Sinar Dua Putra
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6497Keywords:
UMKM, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Matriks TOWSAbstract
Pertumbuhan sektor di Industri makanan Indonesia kini telah mengalamin peningkatan. Hal ini berdampak pada UMKM CV. Sinar Dua Putra yang juga termasuk kedalam industri makanan khususnya bisnis makanan ringan yang memiliki persaingan cukup banyak dengan para kompetitor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang Business Model Canvas sebagai alat strategi yang dibutuhkan dalam mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan serta mengembangkan bisnisnya agar kinerja dan kualitas yang dimiliki lebih baik dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi. Narasumber berjumlah 7 orang dari pihak internal dan eksternal perusahaan. Berdasarkan hasil wawancara, Business Model Canvas pada kondisi existing secara garis besar dapat dikatakan cukup baik karena CV. Sinar Dua Putra mampu memenuhi 9 elemen blok. Setelah itu, dilakukan identifikasi mendalam terhadap Business Model Canvas yang ditinjau dengan Analisis SWOT. Selanjutnya peneliti melakukan Analisa Business Model Canvas yang ditinjau menggunakan Analisis SWOT. Hasilnya, Business Model Canvas pada kondisi internal perusahaan terdapat 9 elemen kekuatan dan 8 kelemahan, sedangkan pada kondisi eksternal perusahaan terdapat 8 elemen peluang dan 6 elemen ancaman.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.