Analisis Kolaborasi YouTube Influencer Menggunakan Social Network Analysis

Case Study pada YouTuber Jerome Polin

Authors

  • Fadhilah Nurdzati
  • Herry Irawan

DOI:

https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6498

Keywords:

Kolaborasi, Product Development, Engagement

Abstract

Media sosial Youtube seringkali digunakan sebagai wadah bagi para penggunannya untuk menuangkan kreativitas dalam berekspresi, berbagi, serta mendapatkan informasi secara virtual melalui konten-konten video yang tersebar. Selain itu, youtube juga dimanfaatkan penggunanya sebagai media pembelajaran serta promosi. Jenis konten yang dibuat pada Youtube sangat beragam, namun tidak semua video dapat menarik audience. Untuk pembuatan konten, diperlukan ide yang menarik agar diminati audience. Salah satu cara dalam mengumpulkan suatu ide adalah dengan melakukan kolaborasi. Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian ini penulis akan menganalisis apakah aktivitas kolaborasi yang dilakukan oleh seorang creator youtube mampu berpengaruh dalam pengembangan konten atau content development pada setiap video dari masing-masing youtuber yang berkolaborasi serta mengetahui dampak kolaborasi terhadap peningkatan engagement. Metode yang digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) dengan mengambil data pada media sosial youtube dengan visual code dan diproses penggunakan Gephi Versi 09. Data yang diolah pada penelitian ini adalah meta data youtube yang terdiri atas data video, jumlah viewers, jumlah comment, dan jumlah likes dengan periode pengambilan data selama 1 tahun dengan periode November 2021 – November 2022. Setelah itu data di olah sehingga dapat terbentuk pola kolaborasi antar youtuber kolaborasi dan videonya. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas kolaborasi mampu membangun content development dengan melihat interaksi komentar audience terhadap suatu konten, kolaborasi juga dapat meningkatkan engagement video.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-29