Analisis Kolaborasi YouTube Influencer Menggunakan Social Network Analysis
Case Study pada YouTuber Jerome Polin
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6498Keywords:
Kolaborasi, Product Development, EngagementAbstract
Media sosial Youtube seringkali digunakan sebagai wadah bagi para penggunannya untuk menuangkan kreativitas dalam berekspresi, berbagi, serta mendapatkan informasi secara virtual melalui konten-konten video yang tersebar. Selain itu, youtube juga dimanfaatkan penggunanya sebagai media pembelajaran serta promosi. Jenis konten yang dibuat pada Youtube sangat beragam, namun tidak semua video dapat menarik audience. Untuk pembuatan konten, diperlukan ide yang menarik agar diminati audience. Salah satu cara dalam mengumpulkan suatu ide adalah dengan melakukan kolaborasi. Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian ini penulis akan menganalisis apakah aktivitas kolaborasi yang dilakukan oleh seorang creator youtube mampu berpengaruh dalam pengembangan konten atau content development pada setiap video dari masing-masing youtuber yang berkolaborasi serta mengetahui dampak kolaborasi terhadap peningkatan engagement. Metode yang digunakan adalah Social Network Analysis (SNA) dengan mengambil data pada media sosial youtube dengan visual code dan diproses penggunakan Gephi Versi 09. Data yang diolah pada penelitian ini adalah meta data youtube yang terdiri atas data video, jumlah viewers, jumlah comment, dan jumlah likes dengan periode pengambilan data selama 1 tahun dengan periode November 2021 – November 2022. Setelah itu data di olah sehingga dapat terbentuk pola kolaborasi antar youtuber kolaborasi dan videonya. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas kolaborasi mampu membangun content development dengan melihat interaksi komentar audience terhadap suatu konten, kolaborasi juga dapat meningkatkan engagement video.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.