Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis SWOT dan Matriks QSPM
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6451Keywords:
EFE matrix, IFE matrix, pemasaran, QSPM, SWOTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta memberikan strategi alternatif yang berguna untuk pengembangan UD. Dinamo Gianyar dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Bali umumnya dan di Gianyar khususnya kedepannya. Penulis melakukan penelitian menggunakan Mix Method yaitu, memanfaatkan metode kualitatif bersamaan dengan metode kuantitatif. Penulis melakukan wawancara dan membagikan kuisioner IFE dan EFE kepada 8 orang responden yang terdiri dari 3 orang pihak internal, 2 orang konsumen, 1 orang supplier, 1 orang pesaing, dan 1 orang reseller. alternatif strategi yang didapatkan yaitu Penambahan varian produk pada roadbike dan sepeda untuk meningkatkan penjualan sepeda, Tingkatkan hubungan yang baik dengan supplier agar produk yang dipesan bisa datang tepat waktu dan dapat memenuhi kebutuhan pasar, Tingkatkan promosi dari penjualan langsung atau penjualan online melawan kompetitor, Intensifkan pemeberian paket sepeda lengkap untuk kebutuhan yang berbeda, Pemberian layanan untuk menciptakan loyalitas konsumen, Tingkatkan promosi dengan menambahkan saluran media seperti pemasaran lewat Tiktok, Gunakan sistem informasi seperti Microsoft Excel agar pembukuan bisa jelas dan terperinci, Tawarkan produk atau paket serupa sesuai persepsi calon konsumen melalui media sosial.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.