Analisis Pengaruh Dimensi E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Fixed Broadband Internet Indihome di Indonesia.
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v1i1.6429Kata Kunci:
Fixed broadband, Indihome, Kualitas layanan elektronik, Kepuasan pelangganAbstrak
Tingginya jumlah pelanggan Internet di Indonesia mempengaruhi kebutuhan masyarakat terhadap koneksi internet dalam menunjang kegiatan sehari-hari seperti halnya penggunaan internet fixed broadband. Internet fixed broadband di Indonesia memiliki berbagai macam merek layanan salah satunya adalah Indihome dimana Indihome di Indonesia memiliki jumlah pelanggan tertinggi dibandingkan kompetitor sejenisnya. Namun terdapat permasalahan mengenai layanan Indihome yang dikeluhkan oleh pelanggan dari segi e-service quality layanan Indihome. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality dengan sub variabel efficiency, fulfillment, system availability dan privacy terhadap kepuasan pelanggan layanan fixed broadband Internet Indihome. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi pelanggan layanan fixed broadband Indihome di Indonesia yakni sebanyak 8,7 juta pelanggan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan total sampel sebanyak 350 responden. Berdasarkan hasil penelitian pada dimensi privacy yang merupakan dimensi dengan nilai paling tinggi serta memiliki pengaruh sangat kuat pada kepuasan pelanggan, peneliti menyarankan penyedia layanan fixed broadband Indihome untuk terus berupaya untuk menjaga datadata pelanggan seperti halnya data perbankan, data diri pelanggan, history access pelanggan dan nomor telepon pelanggan kepada pihak lain, dikarenakan kepuasan pelanggan fixed broadband Indihome didominasi oleh faktor tersebut. Jadi secara manajerial atau secara praktis, manajemen Indihome harus terus memperhatikan dan selalu meningkatkan jaminan privasi pelanggan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.