PENGARUH MEDIA SOSIAL LINE GROUP TERHADAP EFEK SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v5i1.1819Abstract
Kehadiran teknologi merubah bagaimana kita berbicara, melakukan sesuatu, maupun bersosialisasi. Di Amerika Serikat dan Kanada, penggunaan aplikasi pesan singkat sebagai salah satu bentuk social networking sites (SNS), mencapai angka lebih dari 88%. Pesan singkat menjadi aplikasi yang paling popular dan sering digunakan di dalam smartphone itu sendiri. LINE sebagai salah satu SNS menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelajar di Indonesia. Selain karena kemudahan dalam penggunaannya, LINE menawarkan banyak fitur yang memudahkan untuk berkomunikasi, salah satunya LINE Group. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh penggunaan LINE Group terhadap efek sosial seseorang. Sebanyak 108 mahasiswa/i dilibatkan dalam pengambilan data. Ditemukan bahwa terdapat korelasi yang rendah mengenai pengaruh yang diberikan oleh penggunaan LINE Group terhadap efek sosial mahasiswa. Meski penggunaan LINE Group tidak memiliki pengaruh yang begitu besar, namun perubahan-perubahan sosial yang mungkin terjadi harus diketahui.