STRATEGI PEMASARAN MUSEUM GEOLOGI MELALUI INSTAGRAM @GEOMUZEE
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v5i2.2201Abstract
Instagram merupakan media sosial yang memiliki kekuatan visual. Dengan kekuatannya ini, banyak pihak baik individu maupun organisasi menggunakannya untuk menarik perhatian masyarakat dengan informasi yang disampaikan. Penggunaan media sosial Instagram merupakan salah satu langkah dari pihak Museum Geologi Bandung dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengungkapkan bagaimana strategi pesan komunikasi pemasaran Museum Geologi Bandung melalui media sosial Instagram @geomuzee. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik Pengumpulan data dengan cara mengambil postingan dari akun Instagram yang diduga mengandung strategi komunikasi pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran khususnya strategi penyusunan pesan melalui media sosial. Hasil penelitian ini meliputi bagaimana isi informasi komunikasi dan bentuk kreatif pesan yang tersampaikan dalam akun Instagram @geomuzee periode Februari hingga Juli 2019.