Peran Digital Media Instagram dalam ‘Hijrah Movement’ Perempuan Muda Bercada
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v6i1.2522Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana peran digital media Instagram bagi perempuan muda bercadar dalam proses hijrah movement. Hal ini didasarkan pada banyaknya bermuncul hastag seperti #muslimahbercadar sebanyak 133 ribu postingan #hijabcadar sebanyak 11,7ribu postingan, #perempuanhijab 248 postingan #hijabers 29.3 juta dan banyak lagi hastag atau tagar yang menggunakan kata cadar ataupun hijab. Jika diperhatikan pada beberapa tulisan pada postingan yang muncul dibeberapa hastag, isi tulisan menceritakan tentang diri Muslimah bercadar dalam proses hijrah. Hal ini menjadi alasan penulis untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap 5 informan perempuan muda bercadar yang aktif dalam menggunakan media sosial Instagram. Menggunakann teknik purposive non probability sampling dalam menentukan informan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hijrah movement perempuan muda bercadar dibentuk oleh banyaknya akun dakwah yang muncul di Instagram melalui video-video kajian. Alasan hijrah adalah menjadi lebih baik, bentuk kepatuhan pada Allah, membuat orang tua bangga.