Strategi Public Relations DJ Arie School Mempertahankan Corporate Branding Selama COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v7i2.3600Abstract
. Artikel ini membahas tentang strategi Public Relations suatu perusahaan yang sedang terkena dampak wabah virus berbahaya yaitu COVID-19. Keadaan ini membawa suatu perubahan, karena manusia dituntut masuk ke era disruptif. Manusia dituntut untuk lebih pintar dalam menggunakan dan memanfaatkan media digital. Metode fenomenologi merupakan studi yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui cara agar perusahaan tidak mengalami krisis dan tetap bertahan selama era disruptif dengan menggunakan media digital. Informan yang terlibat adalah Public Relations, Owner DJ Arie School, dan administration DJ Arie School di kota Bandung. Teknik penentuan informan secara purposive menentukan kriteria informan yang dapat menjadi key person dalam penelitian. Public Relations DJ Arie School melakukan strategi Public Relations yang efektif sesuai teori Cutlip & Center terdapat 4 tahapan yaitu: Fact Finding and Feedback, Planning and Programming, Communicating and Action, and Evaluation. Peneliti menemukan pengalaman tentang pemanfaatan media digital dalam proses strategi Public Relation DJ Arie School selama terkena dampak COVID-19. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Public Relations DJ Arie School melalui media digital dalam mempertahankan Corporate Branding selama wabah COVID-19 menjadi solusi yang sangat baik untuk perusahaan. Penelitian ini dapat dijadikan pedoman untuk masyarakat pemilik perusahaan besar ataupun kecil yang sedang terkena dampak COVID-19 dengan cara, menerapkan strategi melalui media digital dan membangun citra perusahaan agar tidak mengalami penurunan secara drastis kedepannya.
Kata Kunci: Corporate Branding, Covid-19, Media Digital, Pandemi, Strategi Public Relations.