The Semiotics Analysis in Delivering Message How to Prevent Covid-19 on Grab Advertisement
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v7i2.3631Abstract
Virus corona tiba-tiba menyerang dunia pada awal tahun 2020 di Guangzhou, China. Hingga saat ini virus ini masih menyebar dimana-mana, menuntut setiap orang untuk lebih menjaga keselamatan dan kesehatan. Sejalan dengan situasi saat ini, Grab sebagai salah satu e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia membuat iklan digital dengan menggunakan platform YouTube bertema Covid-19 dengan judul, “Armada Higienis GrabKitchen Siap Jaga Kebersihan Pesananmu!”. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap penyampaian pesan pencegahan Covid-19 yang terdapat pada iklan Grab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan analisis semiotika Ferdinand De Saussure dalam menyampaikan pesan yang terdapat pada iklan. Analisis semiotika Ferdinand De Saussure menggunakan konsep signifier, signified, dan signification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan “Armada Higienis GrabKitchen Siap Jaga Kebersihan Pesananmu!” merepresentasikan pesan bagaimana cara mencegah Covid-19. Yaitu selalu memakai masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga kebersihan lingkungan. Penelitian ini juga menunjukkan cara mencegah penyebaran virus corona dengan tepat.
Kata Kunci: iklan digital, covid-19, semiotika, Ferdinand De Saussure