Implementasi Program Shopee Streamer Academy Sebagai Strategi Humas Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v7i1.3638Abstract
. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pertumbuhan e-commerce meningkat secara signifikan di Indonesia, salah satunya adalah Shopee. PT. Shoppe Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perdagangan elektronik bernama Shopee di bawah naungan SEA Group yang berkantor pusat di Singapura. Shopee berupaya untuk meningkatkan inovasi bisnis melalui peluncuran fitur livestreaming bertajuk Shopee Live. Kini, Shopee Live tengah mengembangkan program Shopee Streamer Academy guna memfasilitasi pengguna dalam mengembangkan konten yang menarik dan dapat membantu meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taktik yang diimplementasikan oleh PT. Shopee International Indonesia melalui program Shopee Streamers Academy sebagai program marketing public relations perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan mencakup observasi, studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Shopee International Indonesia mengimplementasikan 3 taktik marketing public relations berdasarkan Marketing Public Relations Tactics from A to Z, yakni competitions, demonstrations, dan product placement guna meningkatkan penjualan produk yang dikemas melalui pengembangan konten yang menarik dari streamers.
Kata Kunci: humas pemasaran, perusahaan shopee, shopee streamer academy