Strategi Edukasi Kebudayaan Sunda Pada Saung Angklung Udjo

  • Reni Nuraeni
  • Ananda Rayhan
  • Nadya Winefadila

Abstract

Kota Bandung mempunyai ciri khas dan budaya yang berbeda dengan kota lainnya mempunyai banyak tempat wisata yang salah satunya tempat edukasi melestarikan budaya sunda. Saung Angklung Udjo adalah lokasi tujuan wisata sekaligus tempat belajar kebudayaan sunda karena wisatawan bukan hanya disuguhkan kebudayaan sunda akan tetapi langsung bisa belajar dan berinteraksi mempelajari tarian maupun bermain angklung bersama wisatawan lainnya. Dalam proses edukasi budaya sunda, harus dilakukan strategi agar mudah dipahami komunikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang Saung Anglung dalam kegiatan ekusi budaya sunda menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pencarian informasi pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan proses pengamatan dan wawancara memperlihatkan bahwa dengan kegiatan pertunjukan merupakan strategi yang efektif dalam memberikan edukasi kepada kalangan pelajar yang dianggap sebagai sasaran utama kegiatan edukasi. Selain itu juga kekuatan media sosial seperti instagram, youtube, facebook dijadikan sarana informasi untuk menyebarkan informasi budaya sunda.


Kata Kunci: strategi komunikasi, kebudayaan, edukasi, saung angkung

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-09
How to Cite
NURAENI, Reni; RAYHAN, Ananda; WINEFADILA, Nadya. Strategi Edukasi Kebudayaan Sunda Pada Saung Angklung Udjo. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 52 - 61, feb. 2021. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/3649>. Date accessed: 23 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v7i1.3649.
Section
Articles