Hypercapitalism Pesan Komunikasi Pemasaran “Paylater”

  • Indra Novianto Adibayu Pamungkas Telkom University
  • Udi Rusadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana konten dari produk kapitalisme dibentuk dalam aktivitas komunikasi pemasaran di era digital melalu brand Paylater. Produk kapitasime dipasarkan melalui konten-konten yang berkenaan dengan perilaku millennials melalui jalan cerita. Penelitian ini menggunakan analisis teks yang mengintegrasikan pengetahuan yang tersedia seperti sumber kajiuan komunikasi pemasaran. Penelitian ini menghadirkan objek Paylater adalah salah satu produk kapitalis yang bekerjasama dengan berbagai macam merchant e-commerce. Masing-masing e-commers membuat program komunikasi pemasarannya masing-masing untuk program tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa bisnis “PayLater” mengemas pesan dengan melibatkan mediasi perpindahan makna “Paylater” menjadi “solusi” bagi manusia melalui propaganda. Hal ini berlaku pada setiap e-commerce yang bekerja sama dengan program “Paylater” dalam setiap promosinya. Pesan propaganda menggunakan sudut pandang kehidupan manusia millennials sebagai komoditas seperti gaya hidup, kebutuhan harian diatas kemampuan, rasionalitas, dan status sosial. Komoditas tersebut mendukung pesan utama yaitu “beli sekarang, bayar kemudian” dengan makna denotasinya adalah “berhutang”.


Kata Kunci: Digital, Hypercapitalism, Komunikasi, Pemasaran, Propaganda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-10
How to Cite
PAMUNGKAS, Indra Novianto Adibayu; RUSADI, Udi. Hypercapitalism Pesan Komunikasi Pemasaran “Paylater”. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 56-70, feb. 2022. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/3782>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v8i1.3782.
Section
Articles