Strategi Konten Youtube Sebagai Media Informasi Otomotif Pada Channel “Rifato”
DOI:
https://doi.org/10.25124/liski.v8i1.4102Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang strategi konten youtube channel Rifato sebagai media informasi otomotif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil dari penelitian menemukan konsep berbagi pengalaman (sharing experience) Rifat Sungkar sebagai pembalap profesional pada ranah nasional dan internasional, dalam channel youtube Rifato berperan besar terhadap peningkatan wawasan dan kognitif penonton. Konten channel youtube Rifato yang berbasis pada berbagi pengalaman, informasi dan pendapat memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan, pengalaman dan keterampilan baru bagi individu atau pun kelompok. Channel youtube Rifato menawarkan lebih banyak konten berdasarkan tema otomotif populer sehingga memungkinkan masyarakat dapat belajar kapan pun dan di mana pun saat dibutuhkan. Aspek kreatif dalam memproduksi konten turut berperan dalam menghasilkan konten otomotif yang informatif dan menghibur sekaligus menjaga engagement penonton. Channel youtube Rifato mengubah cara orang mengkonsumsi informasi otomotif di era digital. Konten-koten Rifato menghadirkan cara praktis orang belajar otomotif secara mandiri sehingga mengembangkan imajinasi dan kreatifitas individu, mendorong kegiatan diskusi, berbagi informasi dan menciptakan komunitas belajar otomotif secara online.
Kata Kunci: Rifat Sungkar, Konten Otomotif, Media Informasi, Youtube