Representasi tentang Eksistensi Perempuan pada Iklan Teh Sariwangi

  • Ali Muhammad Ramdhan Universitas Telkom
  • Freddy Yusanto

Abstract

Ditengah perjuangan kaum feminis yang memperjuangkan kesetaraan gender, praktikpraktik budaya patriarki terus mensubdordinasi perempuan pada hampir seluruh aktivitas kehidupan. Hal tersebut disebabkan oleh budaya patriarki yang sudah mengakar sejak lama di Indonesia. Teh Sariwangi merilis sebuah iklan yang berjudul “#MariBicara dengan Pasangan Bersama Hangatnya SariWangi”. Iklan tersebut menceritakan kisah seorang istri yang mencoba meminta izin suaminya untuk tetap bisa bekerja di luar rumah. Dengan menggarisbawahi perempuan yang memperjuangkan eksistensinya di dalam budaya patriarki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana eksistensi perempuan dalam budaya patriarki pada iklan Teh Sariwangi Versi #maribicara Dengan Pasangan Bersama Hangatnya Sariwangi dengan menggunakan metode penelitian semiotika John Fiske yang terbagi menjadi tiga level yaitu; level realitas yang terdiri dari kode tampilan, gesture, perilaku, ekspresi, dan percakapan; level representasi yang terdiri dari kode kamera, musik, karakter, editing, setting; level ideologi yang ditemukan adalah eksistensi perempuan. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini ditemukan sebuah ideologi eksistensi perempuan dibalik iklan ini. Eksistensi perempuan praktis diluncurkan dalam adegan pada iklan. Ditunjukan dengan adanya sejarah perempuan, mitos perempuan, dan perempuan masa kini yang diperlihatkan melalui level realitas dan representasi pada iklan.


Kata Kunci : Eksistensi Perempuan, Patriarki, Semiotika, Iklan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-15
How to Cite
RAMDHAN, Ali Muhammad; YUSANTO, Freddy. Representasi tentang Eksistensi Perempuan pada Iklan Teh Sariwangi. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), [S.l.], v. 8, n. 2, p. 84 - 99, sep. 2022. ISSN 2442-4005. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/4908>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/liski.v8i2.4908.

Most read articles by the same author(s)