KREATIVITAS IN HOUSE ADVERTISING DALAM MERANCANG DESAIN KEMASAN PRODUK

  • Pujiyanto Pujiyanto

Abstract

Pada penelitian ini dibatasi pada in house advertising PT Air Mancur dalam merancang desain kemasan produk “Madurasa”. In house advertising merupakan bagian kreatif yang berada dalam perusahaan besar dan dikendalikan oleh perusahaan tersebut. Sebagai contoh in house advertising di bawah departemen pemasaran PT Air Mancur yang diberi kepercayaan mendesain berbagai media promosi termasuk desain kemasan produk madu merek “Madurasa”. Apakah karya desain kemasan yang dirancang sudah termasuk kreatif. Jawabannya perlu adanya penelitian lapangan melalui observasi langsung pada in house advertising PT Air Mancur, survey dengan cara melakukan angket 100 kepada penjual dan pengguna “Madurasa” se eks Karesidenan Surakarta, serta didukung dengan data kepustakaan. Data dari tiga sumber tersebut dianalisis menggunakan teori dari Doyle Dane Bernbach (DDB) bahwa kreatif merupakan penggabungan dari Relevant, Original, dan Impact. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa in house advertising dalam mendesain kemasan relevan sesuai dengan fungsi, memiliki sesuatu yang baru, dan berdampak positif pada konsumen, bisnis, serta sosial budaya.

Published
2017-05-17
How to Cite
PUJIYANTO, Pujiyanto. KREATIVITAS IN HOUSE ADVERTISING DALAM MERANCANG DESAIN KEMASAN PRODUK. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), [S.l.], p. 1-19, may 2017. ISSN 2502-2431. Available at: <http://journals.telkomuniversity.ac.id/demandia/article/view/773>. Date accessed: 25 sep. 2017.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /client/journals/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.