ANALISIS JARAK DAN SUDUT PANDANG POSISI DUDUK PADA RUANG PERKULIAHAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI GEDUNG TOKONG NANAS UNIVERSITAS TELKOM

person Dian Kumala Muman Universitas Telkom
person Mahendra Nur Hadiansyah Universitas Telkom
subjectAbstract

Desain ruang perkuliahan mempunyai peranan yang cukup penting dalam meningkatkan efektivitas
mahasiswa saat belajar. Untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar, diperlukan suatu ruang perkuliahan yang memiliki fasilitas belajar dengan peletakan yang sesuai dengan standar dan kebutuhannya. Fasilitas belajar dapat dikatakan sesuai dengan standar dan kebutuhannya apabila layout yang diterapkan mendukung aktivitas pengguna ruang secara efektif. Layout memiliki konfigurasi yang bermacam-macam. Dalam penelitian ini, dari beberapa konfigurasi layout yang ada pada lantai 6 di Gedung Tokong Nanas Universitas Telkom, akan diteliti aktivitas pengguna ruang untuk mengetahui layout yang seperti apa yang baik diterapkan dalam ruang perkuliahan. Yang mana hal tersebut dapat menunjang efektivitas mahasiswa dalam belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layout terhadap efektivitas belajar dalam ruang perkuliahan. Selain itu, bagaimana layout yang baik ditinjau dari perilaku pengguna ruang perkuliahan di Gedung Tokong Nanas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh layout dalam ruang perkuliahan terhadap efektivitas mahasiswa dalam belajar. Selain itu, untuk melihat dan menganalisa kembali ketepatan kegunaan prinsip desain layout pada ruang perkuliahan. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode analisa deskriptif, dan mengambil lokasi ruang kuliah di Gedung Tokong Nanas Universitas Telkom. Data yang ada dikumpulkan dengan metode pengamatan serta studi dokumentasi. Penelitian dilakukan bertujuan mengetahui bagaimana layout yang baik di dalam ruang perkuliahan sesuai dengan anthropometri dan standar ergonomi. Hipotesis yang diajukan adalah layout dalam desain ruang perkuliahan dapat menjadi salah satu faktor penting terhadap efektivitas belajar mahasiswa. Ruangan kelas yang kondusif dapat tercipta dengan adanya desain layout yang baik tanpa mengabaikan standar ergonomi dan kesesuaian dengan anthropometri.

format_quoteHow to Citefile_copyCopy
Kumala Muman, D., & Nur Hadiansyah, M. (2017). ANALISIS JARAK DAN SUDUT PANDANG POSISI DUDUK PADA RUANG PERKULIAHAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DI GEDUNG TOKONG NANAS UNIVERSITAS TELKOM. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 1(2), 146–163. https://doi.org/10.25124/idealog.v1i2.849

downloadDownloadable Citation

Make a Submission

TEMPLATE

ARTICLE SUBMIT TEMPLATE & GUIDELINE

hotline

Hotline Chat

issn

ISSN Idealog

E-Issn : 2615-6776

P- Issn : 2477-0566

tools

Tools Required For Author




index

Index

 

  

 

 

 

akre

SK Electronic Accreditation

Sinta

Akreditasi SINTA

visitor

Visitors