ANALISIS DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL

Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017

  • Aini Dinan Umaroh Universitas Telkom

Abstract

Perusahaan yang dapat mengimbangi antara modal pemilik (dana internal) dengan utang yang berasal dari pihak eksternal merupakan kategori perusahaan yang baik. Oleh karena itu suatu perusahaan akan dapat menjaga eksistensinya di mata publik dan investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut.


Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan didapat 11 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 44 data sampel. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software E-views 9.


Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan struktur aktiva (SA), pertumbuhan penjualan (SG), ukuran perusahaan (SIZE), dan tingkat likuiditas (CR) terhadap struktur modal berpengaruh signifikan terhadap struktur modal (DER). Secara parsial, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan, struktur aktiva dan tingkat likuiditas berpengaruh terhadap struktur modal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-22
How to Cite
UMAROH, Aini Dinan. ANALISIS DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL. JAF (Journal of Accounting and Finance), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 51-59, july 2019. ISSN 2581-1088. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jaf/article/view/2124>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jaf.v2i2.2124.