Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

SISTEMATIKA SISTEM PENULISAN JURNAL IJAF

  1. Artikel ditulis untuk JAF terdiri atas hasil telaah pustaka dan hasil penelitian di bidang akuntansi dan keuangan sesuai dengan bidang kajian. Naskah diketik dengan huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan posisi At Least 12 pts, spasi 1,5 dan margin 4 4 3 ukuran A4 sepanjang maksimum 20 halaman dan diserahkan dalam bentuk soft copy. File dibuat dalam Microsoft Word dan dalam file PDF. Pengiriman file juga dapat dilakukan dengan alamat: redaksijaf@telkomuniversity.ac.id
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah semua penulis, asal institusi dan alamat e-mailuntuk memudahkan komunikasi
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan format esai, disertai judul pada setiap bagian artikel. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital di tengah - tengah, dengan huruf sebesar 14 poin. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan subbagian dicetak tebal atau tebal miring) dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian : PERINGKAT 1 (HURUF KAPITAL SEMUA, TEBAL, TEPI KIRI RATA) Peringkat 2 ( Huruf besar-kecil, Tebal, Tepi Kiri Rata) Peringkat 3 (Huruf Besar-Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri)
  4. Sistematika artikel hasil telaah pustaka adalah judul, nama penulis (tanpa gelar akademik), abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Maksimum 200 kata), kata kunci, pendahuluan yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan, bahasan utama (dapat dibagi kedalam beberapa subbagian), penutup atau kesimpulan, daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk)
  5. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul, nama penulis(tanpa gelar akademik) abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Maksimum 200 kata) yang berisi tujuan, metode dan hasil penelitian, kata kunci, pendahuluan yang besiri latar belakang, tinjuan pustaka, dan tujuan penelitian, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka (hanya memuat sumber 0sumber yang dirujuk)
  6. Dianjurkan agar sumber rujukan adalah pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Diutamakan rujukan dari sumber-sumber primer seperti laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, dan disertisasi) atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah
  7. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang halaman tempat asal kutioan. Contoh: (Bateman and Snell, 2009:95)
  8. Daftar pustaka disusun bedasarkan urutan abjad nama penulis/pengarang. Unsur-unsur pustaka secara berurutan yang berupa buku ialah nama penulis, tahun terbit, judul buku, tempat terbit, dan penerbit; yang berupa jurnal ialah nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnel/publikasi, nomor publikasi (tahun dan nomor edisi), dan nomor halaman; dari internet berupa karya individual ialah nama penulis, tahun judul yang diikuti keterangan dalam kurung (on line), alamat sumber yang disertai tanggal dan bulan serta tahun pengaksesan yang ditempatkan didalam kurung; dari internet berupa artikel dari jurnal ialah nama penulis, tahun judul artikel, nama jurnal disertai keterangan dalam kurung (on line), tahun penerbitan dan nomor edisi, alamt sumber yang disertai tanggal dan bulan serta tahun pengaksesan yang ditempatkan di dalam kurung
  9. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan ketentuan dalam sistem Harvard. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (Depdikbud, 1987). Artikel berbahasa Inggris menggunakan ragam baku
  10. Semua naskah ditelaah secara anonym oleh reviewer yang ditunjuk oelh panitia menurut bidang kepakarannya, Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dar reviewer. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis via web/email
  11. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perizinan pengutipan atau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.