Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Non-Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal

Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2017.

  • Intan Anggita Putri Universitas Telkom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabilitas dan non-debt tax shield terhadap struktur modal pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia.


Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 34 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 136 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 10.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabilitas dan non-debt tax shield berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara parsial pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap struktur modal. Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap struktur modal. Non-debt tax shield tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap struktur modal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-22
How to Cite
PUTRI, Intan Anggita. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Non-Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal. JAF (Journal of Accounting and Finance), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 41-50, july 2019. ISSN 2581-1088. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jaf/article/view/2126>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jaf.v2i2.2126.