PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN RUMAH MELALUI KOMBINASI KUNCI PINTU DAN PESAN SINGKAT BERBASIS MIKROKONTROLER

  • Christovan Hutahaean

Abstract

Home security adalah kebutuhan wajib setiap pemilik rumah dalam menghindari dan meminimalisir tindakan kriminalitas berupa perampokan atau pembobolan rumah. Salah satu contoh sistem tradisional yang masih banyak digunakan adalah alarm rumah. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi saat ini sistem keamanan rumah semakin banyak jenisnya. Sistem keamanan rumah yang diterapkan melalui kombinasi pengunci prosedural dan menggabungkannya dengan menggunakan fitur pada ponsel yaitu SMS sangat diperlukan dan menguntungkan saat ini dan dilengkapi dengan fitur untuk mengatasi pengaksesan pintu rumah secara paksa oleh orang asing. Sistem ini juga dilengkapi fitur untuk memberikan notifikasi melalui ponsel dan bisa mengunci ataupun membuka pintu dari jarak jauh dengan mengirim SMS, sehingga apabila pemilik meninggalkan rumah dan lupa mengunci pintu, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah dan efisien. Sistem yang dirancang memiliki 2 input, yaitu kode kombinasi dan pesan singkat (SMS). Mikrokontroler akan menerima informasi, baik dari kombinasi kode maupun pesan singkat (SMS). Kode kombinasi diterapkan melalui konsep Analog to Digital Converter (ADC) melalui perubahan tegangan oleh potensiometer dan hasilnya berupa digit yang ditampilkan di Liquid Crystal Display (LCD). Pesan singkat (SMS) diterapkan melalui pemanfaatan sistem SMS gateway melalui sebuah modul GSM. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah respon time sistem untuk mengirimkan notifikasi kepada pemilik rumah maupun nomor darurat saat pintu diakses melalui kode kombinasi adalah 2,2 - 2,3 detik dan melalui pesan singkat adalah 2,1 - 2,2 detik, serta saat rumah dibuka secara paksa (dibobol) adalah 7,729 detik.

Published
2019-01-14
How to Cite
HUTAHAEAN, Christovan. PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN RUMAH MELALUI KOMBINASI KUNCI PINTU DAN PESAN SINGKAT BERBASIS MIKROKONTROLER. TEKTRIKA - Jurnal Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi, Kendali, Komputer, Elektrik, dan Elektronika, [S.l.], v. 1, n. 2, jan. 2019. ISSN 2502-2105. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/tektrika/article/view/1752>. Date accessed: 15 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.25124/tektrika.v1i2.1752.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /client/journals/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.