ANALISIS STRATEGI EVENT MANAGEMENT OLEH IAAS LC IPB DALAM EVENT ICC GOES TO EXTERNAL

  • Brendha Qaulani Tsakila Telkom University
  • Martha Tri Lestari

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana manajemen event IGTE yang dilakukan oleh Organisasi Non Goverment IAAS IPB sebagai pengadaptasian pelaksanaan event di era pandemi covid-19 dan dukungan terhadap program pengembangan berkelanjutan dunia atau Sustainable Development Goals (SDGs) terutama poin kesehatan pada saat pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan event IGTE dari perencanaan hingga akhir. Teori yang digunakan peneliti adalah konsep manajemen event oleh Goldblatt yang mengemukakan lima tahapan dalam pengelolaan event yang baik, yaitu riset, desian, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Tahap Riset, diawali dengan melakukan observasi melalui internet terhadap isu yang sedang hangat dan dikaitkan dengan concern organisasi IAAS. 2) Tahap desain ialah penentuan konsep dan tema. Pada tahap ini panitia memilih mental health sebagai isu yang sedang hangat dan dikaitkan dengan nature sebagai concern organisasi IAAS, kemudian Ecotherapy menjadi tema besar yang dipilih untuk menjembatani dua hal tersebut. 3) Tahap perencanaan, dimana event IGTE merupakan event webinar dengan pembicara dari GO dan NGO luar negeri yang berjalan secara hybrid atau online karena pengadaptasian pelaksanaan event di masa pandemi. Panitia melakukan promosi event melalui media partner dan social media IAAS LC IPB dengan membuat poster dan filter IGTE pada instastory. Pada saat pelaksanaan event panitia juga membuat challenge pengimplementasian Ecotherapy pada peserta setelah acara berlangsung. 4) Tahap koordinasi, panitia melakukan koordinasi perencanaan event melalui Line, Trello, Google Sheets, dan Google Docs. Untuk mengeratkan koordinasi antar panitia, mereka melakukan bonding dan penyamaan visi terlebih dahulu pada first meet. 5) Tahap evaluasi, pada tahap ini panitia menyebarkan Google Form kepada para peserta untuk menceritakan bagaimana pengalaman mereka dan memberikan tanggapan terhadap event IGTE yang mereka ikuti. Event IGTE mendapat banyak respon positif dari para peserta. Pada tahap evaluasi, peneliti menemukan temuan yang bertolak belakang dengan teori Goldblatt berdasarkan hasil wawancara dengan Angky sebagai informan kunci yang telah berkecimpung di dunia event selama 13 tahun. Menurutnya, tahap evaluasi event tidak perlu dilakukan, hanya saja perlu difokuskan kepada evaluasi sumber daya manusia yang merencanakan event tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-19
How to Cite
TSAKILA, Brendha Qaulani; LESTARI, Martha Tri. ANALISIS STRATEGI EVENT MANAGEMENT OLEH IAAS LC IPB DALAM EVENT ICC GOES TO EXTERNAL. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 20 - 32, aug. 2022. ISSN 2963-7740. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/IJDPR/article/view/5262>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/ijdpr.v1i1.5262.
Section
Articles