STRATEGI BRANDING COFFEE SHOP SEKO BANDUNG DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @sekoindonesia

Authors

  • Jacinda Maheswari Rivando Universitas Telkom
  • Slamet Parsono Universitas Telkom

Keywords:

#branding, Coffee Shop Seko, influencer, public relations, , strategi

Abstract

Perkembangan media sosial baru seperti Tiktok makin populer. Awal kemunculan Tiktok hanya
digunakan sebagai media sosial yang menampilkan hiburan. Akan tetapi, seiring berjalannya
waktu Tiktok banyak digunakan sebagai salah satu media sosial untuk menciptakan dan
meningkatkan branding perusahaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
branding Coffee Shop Seko Bandung di media sosial Tiktok @sekoindonesia. Penelitian ini
menggunakan teori strategi branding Gelder dan Schultz & Barnes dengan empat sub-analisis
yakni brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif melalui teknik pengumpulan data
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis juga melakukan observasi langsung terhadap
konten-konten yang diunggah pada media sosial Tiktok @sekoindonesia. Hasil dari penelitian
ini adalah menunjukkan bahwa Coffee Shop Seko menerapkan beberapa strategi branding
seperti melakukan riset kompetitor, penggunaan kolaborasi bersama influencer twomannn dan
pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai sarana untuk pembuatan konten yang bertujuan untuk
menciptakan branding di publik. Coffee Shop Seko telah mengadopsi strategi branding untuk
membangun citra melalui konten di Tiktok. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah
diharapkan dengan adanya riset ini dapat membantu penelitian selanjutnya serta memperjelas
penelitian yang telah ada pada objek yang berbeda untuk dijadikan acuan dalam melakukan
penelitian mengenai strategi brading pada kegiatan food and beverage (F&B).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-14

Issue

Section

Articles