STRATEGI BRANDING COFFEE SHOP SEKO BANDUNG DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @sekoindonesia

  • Jacinda Maheswari Rivando Universitas Telkom
  • Slamet Parsono Universitas Telkom

Abstract

Perkembangan media sosial baru seperti Tiktok makin populer. Awal kemunculan Tiktok hanya digunakan sebagai media sosial yang menampilkan hiburan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu Tiktok banyak digunakan sebagai salah satu media sosial untuk menciptakan dan meningkatkan branding perusahaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding Coffee Shop Seko Bandung di media sosial Tiktok @sekoindonesia. Penelitian ini menggunakan teori strategi branding Gelder dan Schultz & Barnes dengan empat sub-analisis yakni brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis juga melakukan observasi langsung terhadap konten-konten yang diunggah pada media sosial Tiktok @sekoindonesia. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Coffee Shop Seko menerapkan beberapa strategi branding seperti melakukan riset kompetitor, penggunaan kolaborasi bersama influencer twomannn dan pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai sarana untuk pembuatan konten yang bertujuan untuk menciptakan branding di publik. Coffee Shop Seko telah mengadopsi strategi branding untuk membangun citra melalui konten di Tiktok. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dengan adanya riset ini dapat membantu penelitian selanjutnya serta memperjelas penelitian yang telah ada pada objek yang berbeda untuk dijadikan acuan dalam melakukan penelitian mengenai strategi brading pada kegiatan food and beverage (F&B). Kata Kunci: branding, Coffee Shop Seko, influencer, public relations, strategi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-29
How to Cite
RIVANDO, Jacinda Maheswari; PARSONO, Slamet. STRATEGI BRANDING COFFEE SHOP SEKO BANDUNG DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @sekoindonesia. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40 - 53, aug. 2024. ISSN 2963-7740. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/IJDPR/article/view/7924>. Date accessed: 31 aug. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.7924.
Section
Articles