BRANDING POLITIK CALON GUBERNUR JAWA BARAT PADA AKUN INSTAGRAM @dedimulyadi71

  • Miftakhul Fikri Universitas Indonesia Maju

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten branding politik calon gubernur Jawa Barat tahun 2024 dari akun milik Dedi Mulyadi di Instagram. Penelitian ini mengidentifikasi akun @dedimulyadi71 yang secara aktif mengunggah unggahan tentang branding politiknya. Hal tersebut dikarenakan Dedi Mulyadi menjadi calon gubernur yang kuat di Jawa Barat selain Ridwan Kamil. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat unggahan dari akun @dedimulyadi71 cenderung menggunakan foto dengan teks yang bersifat informal. Unggahan dari akun @dedimulyadi71 bisa memperlihatkan kegiatan kampanye sebagai brand identity, pertemuan dengan pemimpin partai sebagai brand image, pertemuan dengan warga sebagai brand personality, dan kegiatan pendampingan hukum sebagai brand equity. Secara keseluruhan, unggahan dari akun @dedimulyadi71 menghasilkan temuan untuk pembentukan branding politik sebagai calon gubernur Jawa Barat tahun 2024. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa branding politik dari akun @dedimulyadi71 berhasil dilakukan melalui empat unggahan yang secara tidak langsung berkaitan dengan pencalonan gubernur Jawa Barat tahun 2024. Kata Kunci: analisis isi, branding, politik, Instagram

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-29
How to Cite
FIKRI, Miftakhul. BRANDING POLITIK CALON GUBERNUR JAWA BARAT PADA AKUN INSTAGRAM @dedimulyadi71. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1 - 11, aug. 2024. ISSN 2963-7740. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/IJDPR/article/view/7944>. Date accessed: 31 aug. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.7944.
Section
Articles