BRANDING POLITIK CALON GUBERNUR JAWA BARAT PADA AKUN INSTAGRAM @dedimulyadi71
DOI:
https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.7944Keywords:
Analisis Isi, Branding, Politik, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten branding politik calon gubernur Jawa Barat
tahun 2024 dari akun milik Dedi Mulyadi di Instagram. Penelitian ini mengidentifikasi akun
@dedimulyadi71 yang secara aktif mengunggah unggahan tentang branding politiknya. Hal
tersebut dikarenakan Dedi Mulyadi menjadi calon gubernur yang kuat di Jawa Barat selain
Ridwan Kamil. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis isi kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat unggahan dari akun @dedimulyadi71 cenderung
menggunakan foto dengan teks yang bersifat informal. Unggahan dari akun @dedimulyadi71
bisa memperlihatkan kegiatan kampanye sebagai brand identity, pertemuan dengan pemimpin
partai sebagai brand image, pertemuan dengan warga sebagai brand personality, dan kegiatan
pendampingan hukum sebagai brand equity. Secara keseluruhan, unggahan dari akun
@dedimulyadi71 menghasilkan temuan untuk pembentukan branding politik sebagai calon
gubernur Jawa Barat tahun 2024. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa branding
politik dari akun @dedimulyadi71 berhasil dilakukan melalui empat unggahan yang secara
tidak langsung berkaitan dengan pencalonan gubernur Jawa Barat tahun 2024.