KOLABORASI PT KAI DAOP 2 BANDUNG DAN KOMUNITAS EDAN SEPUR INDONESIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS

  • Dimas Akhsin Azhar ARS University

Abstract

Mengelola hubungan dengan komunitas secara efektif dapat membawa banyak manfaat bagi perusahaan. PT KAI Daop 2 Bandung melakukan program ekstenal public realtions dengan berkolaborasi bersama komunitas penggemar dan pencinta kereta api yaitu komunitas Edan Sepur Indonesia. Dengan strategi yang tepat, komunitas dapat menjadi aset berharga dalam upaya public relations. Komunitas memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antara perusahaan dan publik, serta mendukung berbagai inisiatif PR. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana bisa lebih dalam menginterpretasi dan menganalisis kolaborasi yang dilakukan oleh PT KAI Daop 2 Bandung dengan komunitas Edan Sepur Indonesia sebagai bentuk program eksternal public relations. Penelitian ini menggunakan studi kasus, dimana peneliti melakukan serangkaian pemeriksaan mendalam terhadap suatu kejadian tertentu yang bertujuan untuk memahaminya dalam konteks latar, keadaan, dan periode tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif fokus pada pengumpulan data yang bersifat deskriptif dan mendalam antara lain wawancara mendalam, observasi partisapatif, studi dokumentasi, dan narrative inquiry. PT KAI Daop 2 Bandung memiliki program eksternal PR yang dijalankan antara lain corporate social responsibility (CSR), komunikasi dan informasi publik, event dan aktivasi, serta komunitas dan kemitraan. Dalam penelitian ini lebih menitikberatkan pada kolaborasi yang dilakukan PT KAI Daop 2 Bandung dengan komunitas Edan Sepur Indonesia. Beberapa hasil kolaborasi yang terimplemnetasi dalam kegiatan antara lain seperti disiplin perlintasan, railway emergency response, bebersih petak, disiplin berkereta, dan pos koordinasi (posko) hari raya. Dukungan PT KAI untuk komunitas pencinta kereta api sangat terlihat dari beberapa kolaborasi tersebut, dimana manajemen PT KAI khususnya Divisi PR sangat membutuhkan aspirasi konstruktif dari komunitas-komunitas yang ada untuk perbaikan berkelanjutan. Kata Kunci: eksternal public relations, komunitas, kolaborasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-29
How to Cite
AZHAR, Dimas Akhsin. KOLABORASI PT KAI DAOP 2 BANDUNG DAN KOMUNITAS EDAN SEPUR INDONESIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 12 - 25, aug. 2024. ISSN 2963-7740. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/IJDPR/article/view/8081>. Date accessed: 31 aug. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.8081.
Section
Articles