PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM KEHUMASAN

Authors

  • Shifa 'Ainun Zaxrie Universitas Telkom
  • Nofha Rina Universitas Telkom
  • Sufaira Thoibah Universitas Telkom
  • Kanaya Putri Athira Saleh Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.8084

Keywords:

Komunikasi Digital, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi peran media sosial sebagai saluran komunikasi
digital dalam kegiatan hubungan masyarakat (humas). Kehadiran media sosial telah membuat
pola komunikasi bertransformasi dari pola konvensional menjadi berbasis digital. Hal itu
disebabkan meningkatnya penggunaan media sosial yang kemudian dapat memengaruhi semua
sendi kehidupan masyarakat. Konsep media sosial yang digunakan dalam penelitian ini menjadi
peluang besar bagi profesi public relations (PR) dalam menciptakan komunikasi yang
interaktif. Adapun manfaat penelitian adalah untuk memahami komunikasi dua arah dalam
humas yang difasilitasi oleh media sosial sehingga memungkinkan organisasi untuk lebih
responsif terhadap umpan balik dan kebutuhan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan
etnografi digital dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif secara digital
kepada para generasi internet di Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menemukan kebaruan
bagaimana peran humas telah berkembang dengan adanya media sosial sebagai saluran
komunikasi digital serta media sosial berperan penting menciptakan pola komunikasi dua arah
yang demokratis, interaktif, dan partisipatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-14

Issue

Section

Articles