PENGGUNAAN INFLUENCER DALAM PROMOSI JUDI ONLINE DAN SENTIMEN PUBLIK

  • Zahran Kamal Muharam Universitas Telkom
  • Asrie Wahyuning Astuti Universitas Telkom
  • Rafsan Prasida Universitas Telkom
  • Fariz Dharma Syahputra Universitas Telkom

Abstract

Penggunaan influencer sebagai media promosi saat ini sudah semakin masif. Influencer yang memiliki jumlah follower yang banyak, dianggap ampuh mempengaruhi khalayak terutama para pengikutnya. Penelitian ini membahas sentimen publik terhadap penggunaan influencer dalam mempromosikan judi online di YouTube. Data dikumpulkan dengan menjaring komentar terhadap tayangan judi online yang dipromosikan oleh influencer di YouTube. Analisis data dilakukan dengan Social Network Analysis dengan menggunakan netlytic. Hasil penelitian menunjukkan kompleksitas dan keragaman relasi yang terbentuk dalam jaringan komunikasi terkait regulasi masyarakat terkait perjudian online di antaranya pembahasan terkait hukum, psikologi, dan dampak judi online dalam masyarakat. Kata Kunci: influencer, judi online, masyrakat, teknologi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-29
How to Cite
MUHARAM, Zahran Kamal et al. PENGGUNAAN INFLUENCER DALAM PROMOSI JUDI ONLINE DAN SENTIMEN PUBLIK. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 54 - 63, aug. 2024. ISSN 2963-7740. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/IJDPR/article/view/8094>. Date accessed: 31 aug. 2024. doi: https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.8094.
Section
Articles