PENGGUNAAN INFLUENCER DALAM PROMOSI JUDI ONLINE DAN SENTIMEN PUBLIK

Authors

  • Zahran Kamal Muharam Universitas Telkom
  • Sri Wahyuning Astuti Universitas Telkom
  • Rafsan Prasida Universitas Telkom
  • Fariz Dharma Syahputra Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/ijdpr.v3i1.8094

Keywords:

Kata Kunci: Judi Online, Masyrakat, Teknologi, Influencer

Abstract

Penggunaan influencer sebagai media promosi saat ini sudah semakin masif. Influencer yang
memiliki jumlah follower yang banyak, dianggap ampuh mempengaruhi khalayak terutama
para pengikutnya. Penelitian ini membahas sentimen publik terhadap penggunaan influencer
dalam mempromosikan judi online di YouTube. Data dikumpulkan dengan menjaring komentar
terhadap tayangan judi online yang dipromosikan oleh influencer di YouTube. Analisis data
dilakukan dengan Social Network Analysis dengan menggunakan netlytic. Hasil penelitian
menunjukkan kompleksitas dan keragaman relasi yang terbentuk dalam jaringan komunikasi
terkait regulasi masyarakat terkait perjudian online di antaranya pembahasan terkait hukum,
psikologi, dan dampak judi online dalam masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-14

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)