IMPLEMENTASI ALAT PENGUPAS DAN PENYARING KULIT ARI KACANG KEDELAI UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI TEMPE CV. MITRA PANGAN SEJAHTERA, BANDUNG

  • erna febriyanti Telkom Universuty
  • Agus Kusnayat Telkom University http://orcid.org/0000-0001-9253-2415
  • Shinta Yulia Puspitasari Telkom University
  • Anisa Herdiani
  • Mohammad Yasin Abdul Hafidh
  • Indra Lukmana Sardi Telkom University
  • Sri Martini Telkom University

Abstract

Mitra Pangan Sejahteramerupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)di Karang Pamulang, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat yang bergerak dibidang produksi tempe. Saat ini CV. Mitra Pangan Sejahtera berharap untuk bisa mengolah 1 ton kedelai setiap harinya guna memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, dalam proses produksi tempe ada beberapa proses yang memakan waktu. Salah satunya pada proses pemisahan kulit ari dari kacang kedelai. Proses pemisahan kulit dan kacang kedelai yang dilakukan selama ini adalah dengan pengadukan dan penyaringan secara manual menggunakan tangan dan bantuan ayakan bambu sederhana. Cara ini hanya efektif untuk jumlah yang kecil, yaitu sekitar 4 kuintal/hari. Untuk meningkatkan kemampuan produksi tempe, proses pemisahan tersebut harus dikembangkan. Dengan adanya mesin pengupas kulit ari maka tidak banyak tenaga yang diperlukan dan proses pemisahan kulit dari kacangnya dapat dilakukan lebih cepat sehingga  meningkatkan produktifitas dan efisiensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-04
How to Cite
FEBRIYANTI, erna et al. IMPLEMENTASI ALAT PENGUPAS DAN PENYARING KULIT ARI KACANG KEDELAI UNTUK MENINGKATKAN KAPASITAS PRODUKSI TEMPE CV. MITRA PANGAN SEJAHTERA, BANDUNG. Charity, [S.l.], v. 2, n. 1, sep. 2019. ISSN 2655-5336. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/charity/article/view/2122>. Date accessed: 16 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2122.