Sistem pencahayaan adalah faktor yang berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang di kereta api. Pencahayaan berkaitan dengan produktivitas manusia dan menjadi faktor pendukung keamanan. Tercapainya kebutuhan visual pengguna ruang terjadi ketika terciptanya kesesuaian antara intensitas cahaya di ruangan terhadap standar keberterimaan. Tujuan penelitian adalah analisis desain dan simulasi pencahayaan di kereta K1 dan kereta makan stainless steel pada kondisi normal dan emergency. Metode penelitian adalah kuantitatif eksperimental dengan pengukuran intensitas cahaya, observasi objek interior, dan simulasi pada software DIALux Evo. Hasil penelitian dianalisis dari pengukuran dan simulasi adalah nilai intensitas cahaya untuk kondisi normal memenuhi nilai standar minimum 300 lux dan beberapa ruang kondisi emergency di bawah 5 lux. Nilai uniformity di kereta K1 dan kereta makan memenuhi nilai standar yang direkomendasikan dan ditemukan variasi warna dan elemen interior.
Kata kunci : emergency; kereta makan; K1; stainless steel; uniformity.
Copyright (c) 2025 Alfi Tranggono Agus Salim, Halimatus Sa'diyah, Wida Yuliar Rezika, Rahardian Titus Nurdiansyah, Muhammad Ibram Hibbanurrohim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.