ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA ONLINE DI PROVINSI PULAU JAWA

Authors

  • Januar Israhmawan Putra Universitas Telkom
  • Damayanti Octavia Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.25124/jmi.v17i2.1065

Abstract

Penggunaan internet di Indonesia yang tumbuh dengan pesat diikuti dengan banyak bermunculan
situs e-commerce yang merubah budaya dan gaya berbelanja masyarakat menjadi
serba online. Pertumbuhan pasar e-commerce ini harus dibarengi dengan pelayanan yang
akan diberikan kepada konsumennya secara baik agar konsumen merasa puas ketika bertransaksi
kepada perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang
mempengaruhi kepuasan konsumen berbelanja online pada situs jual beli Lazada, Zalora,
dan Mataharimall. Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Website
Design, Security, Information Quality, Payment Method, E-service Quality, Product Quality,
Product Variety, Delivery Service dan variebel dependent adalah Customer Satisfaction. Responden
dalam penelitian ini adalah konsumen Lazada, Zalora, dan Mataharimall yang berada
di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan jumlah responden
sebanyak 400 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu
porposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis
data regresi berganda dan teknik analisis deskriptif. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa
website design, information quality, product vaiety, delivery service berpengaruh signifi kan
terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja online.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-17

Issue

Section

Articles