JURNAL MANAJEMEN INDONESIA Vol. 17 - No. 2 Agustus 2017 35 ANALISA DAN USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS PADA UMKM PAKAN IKAN WARINGIN BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.25124/jmi.v17i2.1067Abstract
Sektor perikanan di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bagi pertumbuhan
ekonomi nasional. Saat ini pasokan ikan di Indonesia berasal dari perikanan budidaya
(FAO, 2005). Keberhasilan produksi perikanan budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan
pakan ikan. PD Waringin merupakan produsen pakan ikan lokal yang berlokasi di
Bandung yang sedang mengalami permasalahan dalam pemasaran. Penelitian ini dilakukan
untuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran pada PD Waringin. Data-data yang diperlukan
diperoleh melalui wawancara kepada pemilik dan menyebarkan kuesioner kepada konsumen.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan matriks EFE dan IFE untuk
mengetahui posisi eksternal dan internal perusahaan saat ini. Kemudian dilanjutkan dengan
analisa SWOT untuk memperoleh alternatif strategi berdasarkan hasil penyesuaian antara
kekuatan dan kelemahan internal dengan peluang dan ancaman eksternal. Hasil analisa
lingkungan perusahaan menunjukkan bahwa PD Waringin berada pada posisi eksternal dan
internal yang kuat namun masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan hasil analisa menggunakan
matriks SWOT, diketahui bahwa PD Waringin perlu untuk melakukan pengembangan
produk, mengoptimalkan pertumbuhan penjualan dengan cara memperluas jaringan distribusi
dan menciptakan strategi promosi baru selain word of mouth untuk menarik konsumen
baru misalnya dengan melakukan penjualan secara online.