IMPROVING EMPLOYEE ENGAGEMENT IN DIMENSION OF JOB DEMAND AT PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK PEMBANGUNAN JAWA BAGIAN TENGAH I
DOI:
https://doi.org/10.25124/jmi.v17i2.1068Abstract
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT
I) menghadapi tantangan dalam pengelolaan bakat dan keterikatan mereka dengan perusahaan
berdasarkan target skor KPI yang belum tercapai dalam perspektif Organizational
Readiness Organization (OCR) dalam indikator Kesiapan Budaya yang diukur dengan
Employee Engagement. Penelitian ini difokuskan pada identifi kasi akar penyebab skor
Job Demand yang tinggi sebagai dimensi negatif dan mengusulkan perencanaan peningkatan
keterlibatan karyawan berdasarkan Job Demand-Resources Model. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa pengukuran dan pengendalian penugasan tambahan merupakan
solusi terbaik untuk mengurangi ketegangan kerja karyawan dan meningkatkan skor
Employee Engagement terhadap dimensi Job Demand yang dapat memberikan dampak
tertinggi terhadap penurunan nilai Tuntutan Pekerjaan di PLN UIP JBT I.