KAJIAN DESIGN THINKING DARI SISTEM PRODUK SERVIS
DOI:
https://doi.org/10.25124/jmi.v16i1.731Abstract
Saat ini persaingan bisnis dalam konteks desain produk semakin kompetitif, menjual produk murah dan berkualitas bagus sudah tidak bisa menjanjikan sebuah bisnis dapat bertahan. Fenomena industri kreatif dan kemajuan teknologi komunikasi mendorong tumbuh suburnya industri desain produk denganmodel baru menawarkan produk didukung dengan kemasan servis yang menarik, hal ini dikenal dengan istilah Product Service System (PSS) yaitu
konsep bisnis desain yang menjual
gabungan produk dan servis yang secara spesifik didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen tertentu. Saat ini bisnis desain dengan konsep PSS termasuk baru tapi semakin banyak aplikasinya, tujuan paper ini adalah mengkaji latar belakang munculnya PSS, perkembangan, keunggulan dan beberapa contoh aplikasi PSS di skala intetrnational dan lokal. Lebih dalam lagi dibahas kerangka berpikir PSS, bagaimana mengaplikasikan konsep PSS pada bisnis Desain Produk, Keunikan karakter PSS hasil dari kajian adalah potensi menuju kearah desain berkelanjutan (sustainability) karena fokus pada value bukan pada produk. Karakteristik dari PSS yang didapat dari studi ini adalah komunitas, sistem pembayaran pay per value, kemampuan personalisasi oleh konsumen dan demokratisasi produk. Beberapa karakter ini penting untuk dipertimbangkan dalam perancangan bisnis berkonsep PSS