Fraud dalam Proses Akademik pada Perilaku Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.25124/jaf.v5i1.3640Abstract
Fenomena yang cukup menarik untuk diamati di dalam dunia pendidikan saat ini yaitu banyak ditemukannya praktik-praktik kecurangan (fraud) yang terjadi, hal ini disebut academic fraud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fraud dalam proses akademik terhadap perilaku mahasiswa yang menggunakan konsep fraud pentagon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung melalui kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu metode yang menggunakan kriteria tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di 15 Universitas di Bandar Lampung dan telah atau sedang menempuh matakuliah Etika Profesi atau matakuliah yang berkaitan dengan Etika. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan hipotesis uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Peluang, Rasionalisasi, dan Kemampuan berpengaruh positif terhadap Perilaku Mahasiswa. Sementara itu, variabel Tekanan dan Arogansi tidak memiliki pengaruh terhadap Perilaku Mahasiswa.