Peranan Pendidikan Profesional Berkelanjutan Terhadap Akuntan Berpraktik

Untuk mengetahui peranan Pendidikan Profesional berkelanjutan terhadap akuntan berpraktik

  • Bertha Elvy Napitupulu STIE JAYAKARTA
  • Sita Dewi
  • Dwi Listyowati

Abstract

Pendidikan Profesional Berekelanjutan (PPL) adalah kegiatan belajar terus menerus untuk
mendapatkan kualitas dan kompentensi para Akuntan Berpraktik (AB) pada Kantor Jasa
Akuntan (KJA). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan PPL
terhadap AB dan mengetahui gambaran umum serta karakeristik AB. Penelitian ini
menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode campuran yaitu analisa kuantitatif
berupa analisa deskriftif, analisa regresi dan korelasi serta analisa kulitatif. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa PPL tidak begitu berperan terhadap AB, hal ini dibuktikan dengan
sedikitnya pertambahan jumlah klien pada KJA. PPL hanya sekedar untuk memenuhui syarat
menyandang gelar AB yang telah ditetapkan oleh Pemerintah , Ikatan Akuntan Indonesia
(IAI) dan pihak lain yang diakui oleh pemerintah melalui Pusat Profesi dan Pembina
Keuangan. Seiring berjalannya waktu semakin tingginya tingkat kepercayaan animo
masyarakt terhadap laporan keuangan yang berkualitas, maka diharapkan tujuan utama
diselenggarakan PPL pasti akan tercapai.
Kata Kunci: Pendidikan Profesional berkelanjutan, Akuntan Berpraktik, Kantor Jasa Akuntan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
NAPITUPULU, Bertha Elvy; DEWI, Sita; LISTYOWATI, Dwi. Peranan Pendidikan Profesional Berkelanjutan Terhadap Akuntan Berpraktik. JAF (Journal of Accounting and Finance), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 45 - 56, sep. 2021. ISSN 2581-1088. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jaf/article/view/4002>. Date accessed: 09 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.25124/jaf.v5i2.4002.