Pengaruh E-commerce Innovation dan E-service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Aplikasi Shopee
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v2i1.7449Keywords:
E-Service Quality, E-Satisfaction, E-Commerce Innovation, E-LoyaltyAbstract
Dalam industri e-commerce saat ini, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. E-commercemerupakan salah satu dari sekian banyak jenis platform dengan mekanisme bisnis berbasis elektronik yang transaksibisnisnya menitikberatkan pada penggunaan media internet sebagai alat bantu dalam pembelian barang atau jasa.Shopee ialah salah satu e-commerce Indonesia yang berdiri sejak tahun 2015 dan menjadi market leader di industri e-commerce. Namun data menunjukkan bahwa jumlah pengunjung Shopee pada periode Desember 2022 – Februari 2023mengalami penurunan drastis sebesar 30%. Hal ini dikarenakan kualitas layanan dan inovasi aplikasi Shopee yang masihkurang baik sehingga menyebabkan rendahnya loyalitas pengguna.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh semua variable yang berhubungan secara simultan dan parsial.Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan kuesioner. Sampel penelitian total ialah 200 responden.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa E-Commerce Innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction dan E-Loyalty. E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction. E-ServiceQuality tidak berpengaruh terhadap E-Loyalty. E-Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty.E-Commerce Innovation tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction. E-Service Qualityberpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.