Pengaruh E-commerce Innovation dan E-service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Aplikasi Shopee

person Shafira Rahmahwati Kuswandi
person Tarandhika Tantra

Dalam industri e-commerce saat ini, bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. E-commercemerupakan salah satu dari sekian banyak jenis platform dengan mekanisme bisnis berbasis elektronik yang transaksibisnisnya menitikberatkan pada penggunaan media internet sebagai alat bantu dalam pembelian barang atau jasa.Shopee ialah salah satu e-commerce Indonesia yang berdiri sejak tahun 2015 dan menjadi market leader di industri e-commerce. Namun data menunjukkan bahwa jumlah pengunjung Shopee pada periode Desember 2022 – Februari 2023mengalami penurunan drastis sebesar 30%. Hal ini dikarenakan kualitas layanan dan inovasi aplikasi Shopee yang masihkurang baik sehingga menyebabkan rendahnya loyalitas pengguna.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh semua variable yang berhubungan secara simultan dan parsial.Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan kuesioner. Sampel penelitian total ialah 200 responden.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa E-Commerce Innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction dan E-Loyalty. E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Satisfaction. E-ServiceQuality tidak berpengaruh terhadap E-Loyalty. E-Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty.E-Commerce Innovation tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction. E-Service Qualityberpengaruh positif dan signifikan terhadap E-Loyalty melalui E-Satisfaction.

format_quote
Citation
file_copyCopy
KUSWANDI, Shafira Rahmahwati; TANTRA, Tarandhika. Pengaruh E-commerce Innovation dan E-service Quality Terhadap Customer Satisfaction dan Loyalty pada Pengguna Aplikasi Shopee. Journal of Indonesia Business Research (JIBR), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 31–37, june 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jibr/article/view/7449>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jibr.v2i1.7449.