Perancangan Digitalisasi Bisnis Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking (Pada Perusahaan PT Justatrip Sahabat Perjalanan)

person Syarief Darmawan
person Jurry Hatammimi (Telkom University)

Digitalisasi bisnis merupakan sebuah proses dimana mengubah komunikasi, interaksi dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dari bisnis yang biasanya dilakukan secara manual menjadi digital. Pada era teknologi saat ini perusahaan sudah mulai melakukan digitalisasi terhadap bisnisnya supaya semua dilakukan secara efisien terutama dibidang pariwisata indonesia. Selanjutnya dengan penelitian ini kami memiliki tujuan yaitu mengetahui metode design thinking yang tepat untuk mendapatkan hasil digitalisasi berbasis website pada perusahaan Just A Trip. Penelitian ini dilakukan untuk membuat digitalisasi bisnis kepada perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata, hal ini dikarenakan Pada tahun 2019-2020 Perusahaan ini mendapatkan dampak besar dari pengaruh penyakit global Covid-19 yang membuat semua sektor wisata mati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan solusi inovatif bagi pengguna dengan menggunakan metode design thinking, mulai dari memahami kebutuhan, tantangan, dan masalah yang dihadapi, sampai menciptakan prototipe yang sesuai dengan harapan mereka. Tahapan design thinking yang dilakukan dalam penelitian ini adalah empathize, define, ideate, prototyping, dan test. Penelitian ini hanya mencakup sampai tahap prototyping karena keterbatasan waktu dan sumber daya. Dengan menerapkan design thinking, penelitian ini berharap dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dalam meningkatkan kemampuan inovasinya.

format_quote
Citation
file_copyCopy
DARMAWAN, Syarief; HATAMMIMI, Jurry. Perancangan Digitalisasi Bisnis Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking (Pada Perusahaan PT Justatrip Sahabat Perjalanan). Journal of Indonesia Business Research (JIBR), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 38–46, june 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jibr/article/view/7528>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jibr.v2i1.7528.