Perancangan Digitalisasi Bisnis Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.25124/jibr.v2i1.7535Keywords:
Digitalisasi Bisnis, Design Thinking, Proses Bisnis, Website, TehAbstract
Digitalisasi bisnis merupakan sebuah proses dimana perubahan terjadi pada komunikasi, interaksi dan segala hal yang berkaitan dengan perubahan proses bisnis pada perusahaan yang biasanya dilakukan secara manual menjadi digital. Pada saat ini teknologi kian meningkat pesat dan perusahaan sudah mulai melakukan digitalisasi terhadap proses bisnisnya agar semua dilakukan secara efisien terutama di bidang penjualan barang. Selanjutnya dengan penelitian ini kami memiliki tujuan untuk mengetahui metode design thinking yang tepat untuk mendapatkan hasil dari digitalisasi berbasis website pada perusahaan CV.Gunungsari Endah. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan menggunakan metode design thinking. Proses design thingking terdiri dari 5 tahapan yaitu emphatize, define, ideate, protoyping, dan test. Pada penelitian ini dibatasi hanya sampai proses ideate. Banyak peluang dan manfaat yang didapat dari meningkatkan proses bisnis digitalisasi bagi perusahaan. Setelah tahapan design thinking dilakukan, CV.Gunungsari Endah menghasilkan berbagai macam solusi yaitu perusahaan melakukan penjualan melalui Whatsapp, jadi berkembang dengan menciptakan website yang memiliki berbagai macam fitur yang diperlukan konsumen.Masalah diuraikan dan diterangkan pada masing-masing tahap design thinking membuktikan bahwa CV.Gunungsari Endah memiliki kemampuan di dalam implementasi yang berhubungan dalam setiap permasalahan, sehingga dapat dijadikan solusi yang tepat dan juga pemanfaatan peluang bisnis yang luas.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.