Perancangan Digitalisasi Bisnis Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking

person Akbarrul Ismail
person Sisca Eka Fitria (Telkom University)
alternate_email

Digitalisasi bisnis merupakan sebuah proses dimana perubahan terjadi pada komunikasi, interaksi dan segala hal yang berkaitan dengan perubahan proses bisnis pada perusahaan yang biasanya dilakukan secara manual menjadi digital. Pada saat ini teknologi kian meningkat pesat dan perusahaan sudah mulai melakukan digitalisasi terhadap proses bisnisnya agar semua dilakukan secara efisien terutama di bidang penjualan barang. Selanjutnya dengan penelitian ini kami memiliki tujuan untuk mengetahui metode design thinking yang tepat untuk mendapatkan hasil dari digitalisasi berbasis website pada perusahaan CV.Gunungsari Endah. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan menggunakan metode design thinking. Proses design thingking terdiri dari 5 tahapan yaitu emphatize, define, ideate, protoyping, dan test. Pada penelitian ini dibatasi hanya sampai proses ideate. Banyak peluang dan manfaat yang didapat dari meningkatkan proses bisnis digitalisasi bagi perusahaan. Setelah tahapan design thinking dilakukan, CV.Gunungsari Endah menghasilkan berbagai macam solusi yaitu perusahaan melakukan penjualan melalui Whatsapp, jadi berkembang dengan menciptakan website yang memiliki berbagai macam fitur yang diperlukan konsumen.Masalah diuraikan dan diterangkan pada masing-masing tahap design thinking membuktikan bahwa CV.Gunungsari Endah memiliki kemampuan di dalam implementasi yang berhubungan dalam setiap permasalahan, sehingga dapat dijadikan solusi yang tepat dan juga pemanfaatan peluang bisnis yang luas.

format_quote
Citation
file_copyCopy
ISMAIL, Akbarrul; FITRIA, Sisca Eka. Perancangan Digitalisasi Bisnis Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Indonesia Business Research (JIBR), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1–10, june 2024. ISSN 2567-7594. Available at: <//journals.telkomuniversity.ac.id/jibr/article/view/7535>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.25124/jibr.v2i1.7535.