Perancangan Strategi Promosi Yang Terintegrasi Dengan Metode Design Thinking Pada UMKM Pesona Hijab

subject Abstract

Indonesia memiliki peluang yang besar terkait munculnya tren busana muslim dunia yang mampu mencapai daya saing global. Pertumbuhan kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional mengalami peningkatan pertumbuhan sebanyak 13,44% sepanjang 2022. Transaksi produk halal melalui e-commerce marketplace fesyen menjadi produk yang unggul. Namun, dengan pertumbuhan industri fashion yang pesat, hal ini menyebabkan persaingan yang semakin ketat dari berbagai pesaing. Oleh karena itu, banyak industri yang perlu melakukan inovasi untuk meraih keunggulan dalam persaingan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk membuat perancangan strategi promosi menggunakan metode design thinking sehingga dapat meningkatkan penjualan Pesona Hijab dan unggul dalam persaingan dengan kompetitor. Design thinking merupakan pendekatan yang menerapkan konsep Human Centered Design, di mana fokus utamanya adalah pada pengguna (user) dalam semua tahapan prosesnya. Metode design thinking diterapkan sebagai pendekatan dalam penelitian ini yang terdiri dari lima langkah, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan pihak internal dan eksternal Pesona Hijab pada tahap empathize. Setelah itu, mengidentifikasi masalah pada tahap define. Masalah tersebut kemudian dipecahkan dengan mencari ide pada tahap ideate. Ide yang dihasilkan kemudian dikembangkan menjadi prototype. Pada tahap terakhir, prototype yang telah dibuat dievaluasi pada tahap test.

Keywords: strategi promosi, design thinking, subsektor fesyen

license License

Authors who publish in this journal agree to the following rules:

  1. Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
  3. Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.