Pengembangan Strategi Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (Studi Kasus UMKM MBE di Bandung)

subject Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Di Kabupaten Bandung, UMKM kuliner mengalami pertumbuhan dengan 11.944 unit usaha baru, menyebabkan persaingan dalam industri ini semakin ketat. MBE, salah satu UMKM di Kabupaten Bandung, mengalami penurunan signifikan akibat berbagai faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis MBE saat ini, mengidentifikasi peluang dan tantangan, serta mengembangkan strategi baru menggunakan Business Model Canvas (BMC). Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan wawancara kepada pemangku kepentingan, dilakukan melalui studi kasus MBE di Bandung. Hasil penelitian menghasilkan 14 strategi baru untuk membantu MBE mengatasi tantangan. Untuk menerapkan strategi ini secara efektif, MBE perlu memfokuskan upayanya pada empat strategi utama: diversifikasi produk, ekspansi geografis, strategi retensi pelanggan, dan optimasi biaya operasional. Dengan fokus pada strategi-strategi ini, diharapkan MBE dapat meningkatkan kinerja bisnisnya dan memperkuat posisinya di pasar kuliner Bandung.

Keywords: UMKM, Business Model Canvas (BMC), MBE

license License

Authors who publish in this journal agree to the following rules:

  1. Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
  3. Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.