Strategi Pengembangan Bisnis Ekonomi Kreatif Kuliner Dengan Metode Soar (Studi Kasus Rumah Kopi Abdul)

subject Abstract

Fenomena perdagangan bebas juga krisis ekonomi global mewajibkan tiap negara, khususnya Indonesia harus bersaing pada pasar lokal maupun internasional. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan mendorong perekonomian yang memiliki daya saing tinggi, memanfaatkan sumber daya terbarukan, dan juga memiliki konsep berkesinambungan dengan basis kreatifitas yang tidak terbatas. Solusi yang dapat ditawarkan salah satunya ialah melalui ekonomi kreatif sub sektor kuliner. Objek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kafe. Hal tersebut dikarenakan terjadinya takeover pada Rumah Kopi Abdul. Dengan membawa manajemen dan strategi yang baru, maka diperlukan alat analisis guna menganalisis manajemen strategi yang diterapkan oleh Rumah Kopi Abdul, yaitu menggunakan metode analisis SOAR. Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui strategi pengembangan yang tepat dilakukan oleh Rumah Kopi Abdul dalam pengembangan ekonomi kreatif di bidang kuliner berdasarkan analisis SOAR. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan metode analisis kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, juga audiovisual dan peralatan digital. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui analisis SOAR dengan memperhatikan aspek Strengths (S), Opportunities (O), Aspirations (A), dan Results (R). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Rumah Kopi Abdul masih dapat dikembangkan kembali. Pengembangan tersebut dapat merujuk pada inovasi strategi pengembangan baru yang ditemukan melalui analisis SOAR.

Keywords: ekonomi kreatif, sub sektor kuliner, kafe, strategi pengembangan, metode analisis SOAR

license License

Authors who publish in this journal agree to the following rules:

  1. Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
  3. Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.