Issue | Vol. 3 No. 1 (2025) |
Release | 30 September 2025 |
Section | Articles |
Dalam era globalisasi ini, berbicara mengenai persaingan di sektor layanan kesehatan yang semakin ketat. Menghadapi dinamika bisnis yang terus berubah dan persaingan yang semakin sengit, Rumah Sakit Pondok Indah – Pondok Indah perlu meningkatkan mutu pelayanannya untuk tetap bersaing. Penelitian ini menggunakan teori Total Quality Management dan kualitas pelayanan. Pendekatan manajerial menekankan pentingnya kualitas pelayanan yang selanjutnya dikenal dengan Teori Total Quality Management. Dalam penelitian ini, menggunakan dimensi Total Quality Management yang diperhatikan meliputi fokus pada pelanggan, kerja tim, komitmen jangka panjang, dan perbaikan berkesinambungan. Kualitas pelayanan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, dengan dimensi penilaian meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 pasien RSPI Pondok Indah, serta teknik analisis regresi berganda dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fokus pada pelanggan, kerjasama tim, komitmen jangka panjang, dan perbaikan berkesinambungan masing-masing berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan; secara keseluruhan, ada pengaruh signifikan dari keempat dimensi tersebut terhadap kualitas pelayanan dengan nilai pengaruh 65.787. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu rumah sakit dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan di masa depan. Secara praktis, penelitian ini menyarankan agar rumah sakit terus meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam penanganan pasien serta memaksimalkan pelatihan dan pengembangan karyawan.
Keywords: fokus pada pelanggan, kerjasama tim, komitmen jangka panjang, perbaikan berkesinambungan, total quality management
Authors who publish in this journal agree to the following rules:
- Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
- Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.