Pengaruh Iklan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Kabayan melalui Kesadaran Merek

subject Abstract

Perkembangan era digital mendorong Bakso Kabayan berkecimpung dalam dunia digital marketing, sejak saat itu pun tantangan efektivitas beriklan di media sosial dihadapi oleh Bakso Kabayan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan mempertimbangkan peran mediasi kesadaran merek. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online terhadap 385 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil menunjukkan iklan media sosial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kesadaran merek. Kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan berperan sebagai mediator antara iklan media sosial dan keputusan pembelian. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman efektivitas pemasaran digital untuk UMKM kuliner menggunakan iklan media sosial. Saran untuk UMKM adalah agar meningkatkan investasi dalam pemasaran digital, fokus pada konten iklan yang informatif dan meningkatkan kesadaran merek. Penelitian selanjutnya dapat memperluas cakupan dengan melibatkan lebih banyak variabel pemasaran lain dan industri barang.

Keywords: Iklan Media sosial, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, UMKM, Pemasaran Digital

license License

Authors who publish in this journal agree to the following rules:

  1. Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
  3. Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.