Strategi Pengembangan Bisnis Leika Hijab Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dan Analisis Swot

subject Abstract

Meningkatnya permintaan fashion muslim di Indonesia dipicu oleh beberapa faktor. Salah satu pendorong utamanya adalah meningkatnya kelas menengah, dengan peningkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan dan meningkatnya keinginan akan pakaian modis. Dari sekian banyak pelaku usaha di industri fashion muslim di Indonesia, salah satunya adalah Leika Hijab. Namun, pada beberapa tahun kebelakang tepatnya 2020 hingga 2022, pendapatan yang diterima oleh Leika Hijab terus mengalami penurunan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bisnis Leika Hijab dengan menganalisis Business Model Canvas dari Leika Hijab, menganalisis kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman Leika hijab menggunakan analisis BMC, PESTEL, dan Five Force industry dan merumuskan strategi baru yang dapat diintegrasikan kedalam BMC saat ini. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis seperti wawancara dan studi kasus. Hasil penelitian didapatkan bahwa, Business Model Canvas pada kondisi saat ini secara garis besar dikatakan cukup baik karena Leika Hijab memenuhi 9 elemen. Setelah dilakukan analisa BMC kemudian ditinjau dari aspek PESTLE, Porter’s Five Force. Hasilnya terdapat 9 elemen perusahaan yang harus diperbaiki dengan penambahan poin-poin penting pada masing-masing faktor khusunya pada elemen value proposition, channels, dan customer relationship.

Keywords: UMKM, bisnis fashion, model bisnis canvas, Analisa SWOT, Analisa PESTLE, Analisa Porter’s Five Forces, Leika Hijab

license License

Authors who publish in this journal agree to the following rules:

  1. Authors retain copyright and give the journal the right of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors may enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with attribution to the journal's initial publication.
  3. Authors are permitted and recommended to post their work online (such as in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work.

Downloads

Download data is not yet available.