ANALISIS PERILAKU CAPTIVE AUDIENCE PADA KEGIATAN ENTERTAINMENT BRANDING MELALUI INSRTION SINETRON JODOH WASIAT BAPAK SEBAGAI KEGIATAN KOMUNIKASI PEMASARAN

Authors

  • Indra Novianto Adibayu Pamungkas universitas Tekom

DOI:

https://doi.org/10.25124/liski.v4i1.1190

Abstract

Persaingan antar brand untuk masuk ke benak manusia bukanlah hal yang mudah. Kebiasaan banyak brand akan mengiklankan produknya namun kenyataan berbanding terbalik, orang tidak suka menonton iklan dan saat ini ada konsep baru dimana iklan dimasukan kedalam alur carita sinetron sebagai branding melalui dunia hiburan atau Entertainment Branding . Kondisi ini membuat pesan iklan diterima oleh audience captive. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses captive audience ketika menonton insertion iklan pada sinetron Jodoh Wasiat Bapak hingga mencapai enggagemet. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang diambil dari proses wawancara mendalam. Dari penelitian ini didapati Captive audience dapat menjadi potential consumer untuk suatu brand hingga melakuakn enggageent. Pada dasarnya captive audience tidak sadar mereka sedang diinfomasikan suatu produk karena tujuan utama mereka adalah menonton sinteronnya. Dalam penelitian ini, captive audience dapat melakukan engagement produk dan mengingat bahwa ia diperkenalkan dari insertion pada sinetron tersebut.

Kata kunci : Insertion,  Entertainment Branding , Captive Audience

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-04-17